Minggu, 05 Januari 2014

Meja 3D dengan Aplikasi Blender

1.       Buka software Blender kemudian akan menampilkan tampilan awal seperti berikut. Cube (kubus) merupakan objek awal default Blender.
  

2.       Pada Blender untuk memilih view dapat menggunakan numpad
·         Numpad 1           : tampilan depan (front)
·         Numpad ctrl+1  : tampilan belakang (back)
·         Numpad 3           : tampilan kanan (right)
·         Numpad ctrl+3  : tampilan kiri (left)
·         Numpad 5           : prespektif/orthogonal
·         Numpad 7           : tampilan atas (top)
·         Numpad ctrl+7  : tampilan bawah (bottom)

3.       Arahkan view dari front orthogonal (numpad 1, numpad 5)




4.       Scale perpanjang berdasarkan sumbu X (S+X)


5.       Scale berdasarkan sumbu Z untuk menipiskan cube (S+Z)


6.       Lalu ubah view dari arah atas(Numpad 7) kemudian panjangkan cube dengan scale sumbu Y (S+Y)




7.       Kembalikan view ke bagian front (Numpad 1), pada properties pilih modifier (gambar kunci inggris) ® add modifier ® subdivision surface. Jangan klik apply dulu

 

8.       Masuk ke edit mode (klik Tab)



9.       Klik ctrl+R lalu dekatkan kursor pada objek hingga tampak garis ungu, scroll atas hingga garis ungu nya menjadi 2, lalu klik kiri.



10.   Kemudian pilih edge select mode yang terletak di bawah


11.   Klik kanan+alt pada edge(garis)



12.   Kemudian tarik garis tersebut sesuai sumbu X dengan menggeser anah panah X(merah). Lakukan hal yang sama pada sisi sebelahnya.





13.   Kembalikan tampilan menjadi front, kemudian lakukan ctrl+R lagi pada bagian depan hingga tampak 2 garis ungu horizontal seperti berikut.



14.   Pada bagian top (numpad 7) lakukan juga ctrl+R hingga tampak 2 garis ungu horisontal


15.   Maka tampilan kubus akan seperti ini ketika di render(F12)



16.   Untuk membuat kaki meja tambah cube baru (shift+a ® Mesh ®cube). Menambah objek baru harus pada kondisi object mode




17.   Scale tipiskan ukuran cube berdasarkan sumbu X, kemudian tambah tinggi nya searah sumbu Z
 




18.   Kemudian atur posisi kaki meja hingga sesuai dengan meja, perhatikan dari view front dan bottom


 19.   Tetap pada view bottom, objek kaki meja duplikat kemudian geser searah sumbu X hingga menjadi dua buah kaki meja.


20.   Tampilan meja setelah dirender


Material
21.   Select meja kemudian pilih material pada properties. Beri nama material dengan ‘bening’, kemudian pilih warna di bagian diffuse, lalu untuk membuat efek transparan ceklis transparency lalu atur alpha menjadi 0.400





22.   Kemudian beri warna juga pada meja kaki, select salah satu meja kaki terlebih dahulu, buat material baru, beri nama dan pilih warna. Kemudian select kaki meja kedua pilih material namun tidak usah membuat material baru, cukup menggunakan material yang sudah dibuat.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar